Tips Perawatan Hardisk External Yang Benar Agar Tetap Awet

Tips Perawatan Hardisk Eksternal Yang Benar Agar Tetap Awet - Hardisk external mulai populer dikalangan pengguna komputer beberapa tahun belakang. Bentuknya yang kecil sehingga praktis dibawa kemanapun, nah karena kepraktisannya ini menyebabkan hardisk external rentan terhadap banyak kondisi yang bisa menyebabkan kerusakan. 

Pernahkah anda mengalami kondisi dimana hardisk external anda mintak di format? tidak terdetek? kalau pernah anda wajib deg-degan kehilangan banyak data karena  itu merupakan satu indikasi kerusakan pada hard disk external anda. Kalau sudah seperti ini anda harus siap dengan segala kemungkinan termasuk melakukan proses recovery data yang biayanya terkadang lebih mahal dari hardisk external anda tersebut.


Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips bagaimana cara merawat hardisk external yang benar guna menghindari kerusakan yang tentu akan membuat anda rugi. Tips di bawah ini admin sajikan berdasarkan pengalaman admin dalam merawat hardisk sehari-hari dan tentu di tambah dengan beberapa masukan dari orang yang paham dengan hardisk external. Berikut Tips Perawatan Hardisk External Yang Benar Agar Tetap Awet : 

Penting Selalu Gunakan Mode "Safe Remove Hardware"

Langkah ini memang terkesan sepele dan sering dilupakan oleh pengguna. Bahkan, banyak pengguna sendiri yang mengakui bahwa hal ini tidaklah penting. Saat Anda menancapkan hard disk eksternal dan mulai mentransfer data, banyak data yang belum tertulis dengan benar pada piringan hard disk tersebut. Data-data tersebut masih tertinggal di cache memori.  Bila Anda selesai menggunakan hard disk eksternal, selalu pilih opsi “Safe Remove Hardware”. Dengan mengklik opsi ini, semua data yang ada pada cache memory akan dihapus sehingga data yang ada pada hard disk tidak akan rusak saat Anda mencabut kabel USB-nya. Opsi ini sangatlah penting. Pada beberapa hard disk eksternal, gagalnya penulisan data dapat menyebabkan Master Boot Record rusak dan menyebabkan hard disk harus di format ulang.
Mode Safe Remove Hardware
Penting Selalu Gunakan Mode " Safe Remove Hardware" - Banyak memang yang meremehkan tindakan yang satu ini, dan mungkin anda salah satunya yang menganggap ini tidak penting?. Penjelasannya begini :  Saat Anda menancapkan hard disk eksternal dan mulai mentransfer data, banyak data yang belum tertulis dengan benar pada piringan hardisk tersebut. Data-data tersebut masih tertinggal di cache memori.  Bila Anda selesai menggunakan hardisk eksternal, selalu pilih opsi “Safe Remove Hardware”. Dengan mengklik opsi ini, semua data yang ada pada cache memory akan dihapus sehingga data yang ada pada hardisk tidak akan rusak saat Anda mencabut kabel USB-nya. Opsi ini sangatlah penting. Pada beberapa hardisk eksternal, gagalnya penulisan data dapat menyebabkan Master Boot Record rusak dan menyebabkan hard disk harus di format ulang. Masih mau anggap ini tindakan tidak penting? hehehe...siap-siap aja

Jauhkan Hardisk External Dari Benda Bermagnet

Juahkan Hardisk External Dari Benda Bermagnet
Magnet mampu menarik paksa komponen dalam hardisk
Juahkan Hardisk External Dari Benda Bermagnet - Komponen penyususn hardisk merupakan peralatan mekanik, oleh karena itu hard disk akan tetap rentan terhadap gerakan paksa. Magnet dapat secara paksa menarik komponen mekanik dalam hard disk. Hal ini  tentu dapat merusak sistem kerja hard disk tersebut. Tidak hanya itu, platter yang ada di dalam hard disk pun bisa rusak karena adanya medan magnet. Hindari manruh hardisk di atas benda bermagnet baik saat aktif di gunakan atau tidak. 

Jangan Letakkan Hardisk Pada Tempat Bergetar

Jangan Letakkan Hardisk Pada Tempat Bergetar - Getaran dapat mengganggu kerja mekanik hardisk. hal ini dapat berujung pada hard disk yang berhenti bekerja atau rusak. Oleh karena itu, jauhkan hard disk dari tempat yang sering bergetar seperti speaker ataupun depan dasboard kendaraan

Gunakan OTG Tipe Y Agar Pasokan Listrik Hardisk Baik

Gunakan OTG Tipe  Y Agar Pasokan Listrik Hardisk Baik
Gunakan OTG Tipe  Y Agar Pasokan Listrik Hardisk Baik
Gunakan OTG Tipe  Y Agar Pasokan Listrik Hardisk Baik - Banyak hard disk eksternal yang tidak dilengkapi USB dengan jenis kabel Y (dua kepala). Memang, menggunakan USB dengan kabel Y terlihat repot. Akan tetapi, kabel dengan jenis ini berguna saat Anda menancapkan hard disk eksternal Anda pada sebuah komputer yang ternyata USB slot-nya sudah tidak memiliki alur listrik yang masih baik. Kurangnya pasokan listrik dapat merusak kerja sebuah benda elektronik. Di sinilah kabel Y berperan. Tancapkan kedua kepala kabel Y untuk mendapatkan alur listrik yang baik. Kabel Y mudah ditemui di toko elektronik dengan harga bervariasi

Hindari Hardisk Dari Benturan /Bantingan 

Hindari Hardisk Dari Benturan/BantinganSaat terjadi benturan yang keras pada hard disk, pasti akan mengganggu komponen mekanik tersebut. Tidak sedikit kasus hard disk yang terbanting mengakibatkan isinya menjadi amburadul. Untuk meminimalisir hal ini anda bisa menggunakan pelindung hardisk. 

Jauhkan Hardisk Dari Cairan

Jauhkan Hardisk Dari Cairan - Jangan pernah hardisk anda berada dekat cairan, sebaiknya jika anda ingin menggunakannya perhatikan terlebih dahulu lokasi tempat hardisk terletak, apakah ada cairan yang berpotensi tersiram ke hardisk. 

Usahakan Jangan Terlalu Sering Pasang Cabut Kabel USB 

Usahakan Jangan Terlalu Sering Pasang Cabut Kabel USB
Usahakan Jangan Terlalu Sering Pasang Cabut Kabel USB
Usahakan Jangan Terlalu Sering Pasang Cabut Kabel USB - Memang hardisk external akan sering berpindah komputer namun terlalu sering pasang cabut akan mengakibatkan konektor USB terkikis atau aus. Nah kalau konektor sudah terkikis akan mengakibatkan kontak listrik antar tembaga tidak baik sehingga pasokan listrik ke hardisk terganggung

Pastikan Sirkulasi Udara Hardisk External Baik Ketika Digunakan

Pastikan Sirkulasi Udara Hardisk External Baik ketika Digunakan
Pastikan Sirkulasi Udara Hardisk External Baik ketika Digunakan 
Pastikan Sirkulasi Udara Hardisk External Baik ketika Digunakan - Berdasarkan pengalaman admin hardisk yang over heat atau terlalu panas bisa membuat hardisk rusak , hak ini disebabkan sirkulasi udaranya tidak baik karena tertutup oleh sarung hardisk yang begitu padat. sebaiknya ketika akan digunakan terlebih dalam waktu panjang lepas dulu sarungnya setelah selesei pemakaian baru pasang lagi. 

Hati-Hati Ketika Cabut USB Hardisk External

Hati-Hati Ketika Cabut USB Hardisk External
Hati-Hati Ketika Cabut USB Hardisk External
Hati-Hati Ketika Cabut USB Hardisk External - Hal ini di lakukan untuk menghindari kerusakan kabel USB baik struktur dalam dan luarnya, Selain itu bagus juga untuk komputer anda. Sebaiknya cabutlah di kepala USB agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 


Demikianlah artikel tentang Tips Perawatan Hardisk External Yang Benar Agar Tetap Awet yang admin sajikan berdasarkan pengalaman pribadi serta masukan dari berbagai macam sumber. JIka artikel ini bermanfaat sebarkanlah kepada teman, keluarga dan kerabat pembaca dengan cara klik share lalu pilih opsi media sosial yang anda inginkan. Atas nama seluruh kontributor www.toko-arcy.com mengucapkan terima kasih atas masukan dan kunjungannya. (JA)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Perawatan Hardisk External Yang Benar Agar Tetap Awet"

Post a Comment

loading...