Tips Dan Etika Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Tips Dan Etika Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar
Tips dan Etika Menulis Surat Lamaran Yang Benar
Tips Dan Etika Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar - Untuk mendapat suatu pekerjaan, tentulah kita harus melewati suatu proses yang panjang. Mulai dari proses pengajuan lamaran kerja lalu mengikuti proses seleksi hingga terakhir anda di terima bekerja pada suatu instansi dan perusahaan. 

Pernahkah anda atau orang yang anda kenal mengalami kondisi dimana pernah mencoba melamar suatu pekerjaan dengan cara membuat surat pengajuan diri namun setelah ditunggu-tunggu pihak perusahaan belum juga memberi respon atas surat lamaran anda? Jika demikian dipastikan anda tidak lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Lalu apakah gerangan penyebabnya? Ya...tentu bisa disebabkan banyak faktor mungkin seperti : kualifikasi anda tidak cocok dengan lowongan yang tersedia, atau bisa juga karena surat lamaran dan pengenalan diri anda ternyata tidak menarik dan terlalu berbelit-belit sehingga pihak HRD bosan dan langsung cap anda bla..bla..bla.

Banyak orang yang abai kemudian anggap surat lamaran kerja, CV dan lampiran terkait itu hanya sekedar formalitas saja padahal hal tersebut merupakan faktor penentu untuk memancing pihak HRD menggali informasi lebih dalam dan detail tentang anda. 

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi penting mengenai Tips Dan Etika Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar seperti yang di lansir oleh jobs.ac.uk

Gunakan EYD yang benar dan tepat

Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang bersifat resmi, untuk itu pastikan semua penggunaan kata-katanya juga menggunakan kalimat resmi dengan EYD yang benar dan Tepat. 

Jangan menulis ulang yang ada di CV

Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang menjelaskan apa pencapaian anda dan beberapa hal yang ada di CV. Namun usahakan jangan membuatnya sama dengan CV yang kalian tulis sebagai lampiran. Coba rangkum pencapaian dan data kalian dengan singkat dan menggunakan kata-kata yang menarik.

Paragraf pertama dan terakhir

Perhatikan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja. Pastikan paragraf awal kalian tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. Sementara di paragraf terakhir kalian harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan. Jangan buat paragraf terakhir yang mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang buruk.

Bicarakan perusahaan

Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, lakukan dulu beberapa penelitian terkait perusahaan. Pihak perusahaan akan senang jika kalian mengetahui banyak hal tentang mereka. Namun jangan berbusa-busa ketika membicarakannya. Tetap jelas dan tunjukkan bagaimana perusahaan tersebut membuat kalian terkesan dan di bidang apa kalian bisa berguna untuk mereka.

Jangan sebutkan semua kemampuan

Semua kemampuan dan keterampilan yang kalian miliki tentunya sudah ada di CV yang kalian lampirkan. Untuk itu jangan repot-repot menyebutkan semuanya di surat lamaran pekerjaan. Sebutkan tiga atau maksimal lima saja kemampuan serta pengalaman yang kalian anggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang kalian lamar.

Tunjukkan kepribadian

Pastikan surat lamaran kerja yang kalian tulis bisa mencerminkan betapa antusiasnya kalian untuk mendapat pekerjaan tersebut. Jangan gunakan kalimat negatif dan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.

Tanda tangani surat lamaran kerja

Kecuali kalian menggunakan lembar lamaran kerja khusus dari perusahaan atau secara online, pastikan kalian menandatangani surat lamaran kerja yang kalian kirimkan. Ini mungkin terdengar kuno, namun ini menunjukkan keaslian diri kalian melalui tanda tangan.

Presentasi surat

Meski isinya sangat menarik, namun jika surat lamaran kerja kalian jelek, kotor, penuh dengan typo dan salah ketik, maka nilai lamaran kalian akan berkurang. Untuk itu, sebelum mengirimnya, cek ulang. Minta teman atau keluarga untuk membacanya dan mencari tahu kesalahannya sebelum dikirim.


Nah itulah beberapa Tips Dan Etika Menulis Lamaran Kerja Yang Benar. Sebarkanlah artikel ini agar orang lain juga mendapatkan manfaatnya, caranya klik share melalui opsi media sosial dibawah ini sesuai keinginan anda. Atas nama seluruh kontributor www.toko-arcy.com mengucapkan terima kasih atas saran dan kunjungannya (JA)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Dan Etika Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar"

Post a Comment

Postingan Terbaru